Tips Membeli Generator Set

Posted on

Listrik PLN yang tiba-tiba padam tentu akan menjadi permasalahan di rumah kantor atau pabrik Anda. Terlebih Ketika anda sedang bekerja,serta bersantai bersama keluarga. Dengan adanya kejadian ini, tentu Anda membutuhkan suatu penghasil energi alternatif. Genset merupakan salah satu alat yang dibutuhkan bagi Anda yang memiliki beragam aktivitas atau pekerjaan. Jual genset Yanmar 10 KVA menyediakan berbagai macam genset sesuai dengan kebutuhan anda.

Namun, generator set atau genset ini harganya memang lumayan mahal jika kita membeli dalam keadaan baru. Untuk itu membeli genset atau generator set keadaan bekas, adalah salah satu solusi yang efektif untuk mengatasi masalah terkait dengan sumber daya listrik. Namun Anda harus berhati-hati ketika membeli dalam keadaan bekas. Hal ini sangat penting karena jika tidak hati-hati malah akan menjadi permasalahan bagi anda nantinya.

Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika membeli generator set

Perhatikan  sejarah serta mereknya

Sebagai konsumen, sebaiknya Anda mengetahui tentang tahun berapa genset tersebut diproduksi serta digunakan sudah berapa lama oleh penggunanya. Seperti halnya ketika hendak membeli mobil bekas, tentu kita akan selalu menanyakan berapa kmnya. Ini juga berlaku ketika Anda hendak melakukan pembelian genset bekas. Tanyakan kepada penjual, mengenai jumlah jalan genset tersebut. Selain itu tanyakan juga apakah mesin sudah pernah di overhoul atau diperbaiki.

Jika sudah pernah di overhoul, tanyakan juga oleh siapa yang melakukannya. Genset bekas yang baik tentu tidak akan di overhaul oleh sembarangan orang. Sebaiknya Anda  menjauhi genset bekas yang sudah terlalu tua atau sudah memiliki umur lebih dari 15 tahun.

Hal ini dikarenakan anda akan kesulitan ketika hendak melakukan penggantian sparepart. Merek juga merupakan salah satu hal yang cukup berpengaruh ketika hendak melakukan pembelian genset bekas. Setiap merk, memiliki ketahanan serta kualitas yang berbeda-beda.

Lakukan  kemampuan uji ketika genset bekerja

Sebagai pembeli, jangan  pernah Anda membeli genset baru tanpa melakukan tes beban. Silakan Anda minta kepada penjual untuk membuktikan genset pada keadaan siap jalan, serta mampu dibebani, setidaknya 80% kapasitas yang ada dalam genset tersebut. Jika memungkinkan, lakukan juga tes beban kejut. Anda bisa melihat stimulasi beban listrik yang naik dan turun.

Ketika melakukan tes beban, sebaiknya Anda minta operator untuk menaikkan beban secara perlahan-lahan.

Perhatikan suara dari genset

Genset yang memiliki kualitas baik akan mengeluarkan suara yang stabil mulai dari beban kosong hingga beban penuh. Selain itu, juga asap genset. Genset mungkin bisa mengeluarkan asap hitam ketika beban pertama kali masuk atau naik secara mendadak. Setelah beban sudah stabil seharusnya asap mesin tidak akan mengeluarkan warna. Asapnya keluar warna hitam atau kebiruan kemungkinan besar mesin tersebut sudah harus diservis.

Ketika mesin sedang berjalan, jangan  lupa juga untuk memperhatikan temperatur dari mesin tersebut. Genset yang b aik memiliki temperatur yang tidak lebih dari 90 hingga 95 derajat c elsius dalam beban maksimal. Jangan berharap jika genset bisa bekerja 100% ketika dalam keadaan bekas.

Untuk genset yang bekas setidaknya kekuatan yang dihasilkan kurang lebih mencapai 80% dari kapasitas genset tersebut. Namun jika anda masih ragu membeli genset bekas, Anda bisa membeli Genset baru di tempat Jual genset di Surabaya  yang sudah terkenal dan memiliki banyak produk pilihan genset.