Jangan Sembarangan, Lakukan 5 Hal Ini Agar Tas Ransel Tak Cepat Rusak!

Posted on

Tas Ransel Pria Model Terbaru – Tas ransel memang menjadi salah satu model tas yang bisa dikenakan untuk berbagai aktivitas, lho. Dari ke kampus, kantor, hingga traveling, tas ransel mampu menampung berbagai barang bawaanmu dengan aman dan nyaman. Tapi, jika tidak dirawat dengan benar pun bisa cepat rusak, lho. Kamu tak mau kan tasmu jadi kurang awet karena cara perawatan yang salah. Agar lebih awet, kamu jangan sembarangan, lakukan 5 hal ini agar tas ransel tak cepat rusak. Simak ya!

1. Sesuaikan barang bawaan dengan kapasitas tas ransel

Yang berlebihan tentu tidak baik. Saat ingin tas ranselmu lebih awet pun, hal yang pertama kamu harus lakukan adalah memerhatikan berat barang bawaan tas agar jangan sampai terlalu berat. Jangan sampai membawa barang yang melebihi kapasitas dari tas ranselmu.

Selain bisa merusak tasmu, membawa barang bawaan yang terlalu berat juga bisa memengaruhi kesehatan tulangmu, lho. Jika sering mengenakan ransel, kamu pasti tahu kadar berat yang masih akan membuatmu nyaman. Tapi untuk lebih pasti, biasanya tas ransel dilengkapi dengan keterangan di bagian dalam, berapa kapasitas tas tersebut.

Jika tasmu tidak memiliki keterangan tersebut, cobalah untuk membawa beban kurang dari 2 kilogram agar tas ransel tak mudah rusak.

2. Saat menyimpannya lindungi dengan dust bag

Tak hanya tas kulit saja, saat menyimpan tas ransel, ada baiknya kamu melindunginya dengan menggunakan dust bag. Ingat jangan menyepelekan hal ini, banyak orang yang merasa tas ransel memiliki material dan bahan yang tak mudah rusak, sehingga tidak apa-apa untuk menyimpannya langsung.

Melindungi tas ransel dengan menggunakan dust bag akan melindungi permukaan tas dari debu. Setelah dilapisi dengan dust bag simpan tas di dalam lemari. Agar lebih aman, tambahkan kapur barus agar menghindari dan mencegah berkembangnya jamur.

Lihat Juga : Jual Jaket

3. Hindari terkena langsung paparan sinar matahari

Jamur akan lebih mudah berkembang pada tas ransel yang terkena air dan menjadi lembap. Apalagi di musim hujan seperti sekarang, jika kamu mengenakan tas ransel dikeseharian, jangan lupa untuk langsung menjemur tas ketika permukaan lembap dan basah.

Hal ini dimaksudkan agar menghindari pertumbuhan jamur yang akan lebih susah untuk dihilangkan nantinya. Untuk mengeringkannya, kamu cukup menggantung tas di tempat bersirkulasi udara dan mengangin-anginkannya.

Meskipun begitu, hindari terkena langsung paparan sinar matahari ya. Paparan sinar matahari, bisa merusak warna tas dan menjadikan seratnya lebih mudah rapuh.

4. Bersihkan tas dengan benar dan rutin

Poin yang satu ini tidak boleh terlewat, nih. Kamu harus secara rutin membersihkan tas ranselmu dengan baik dan benar. Saat menyimpan tas pun, kamu harus bisa memastikan tas dalam keadaan bersih.

Kamu bisa mengeluarkan semua isi yang berada di dalam tas agar tak ada sampah tersisa. Sampah-sampah tersebut bisa membuat bau yang kurang sedap. Kamu juga harus memerhatikan apakah di dalam tasmu ada noda atau tidak.

Jika ada, noda harus langsung dibersihkan. Untuk permukaan tas kamu bisa membersihkannya dengan menggunakan kain lembap yang bisa kamu berikan sampo bayi. Hindari merendam dan menyikat tas ransel agar serat kainnya tidak rusak.

5. Taruh barang dengan benar

Bentuk ransel bisa berubah dan menjadi kurang bagus, kalau kamu dengan asal menaruh barang bawaanmu. Tas ransel biasanya memiliki bentuk yang lebih fleksibel.

Untuk itu ketika ingin menggunakan tas ransel, ada baiknya merapikan isi tas ransel. Manfaatkan kantung-kantung yang ada di dalam tas juga ya!

Jadi, sudah tahu kan? Segera dilakukan ya agar tas ransel lebih awet!