Cara menulis surat lamaran kerja

Posted on

Surat Lamaran Kerja – Umumnya cara menulis surat lamaran kerja untuk diajukan kemanapun sama saja isinya. Baik cara menyebabkan surat lamaran kerja online, cara menyebabkan surat lamaran kerja di bank, maupun cara menyebabkan surat lamaran pekerjaan di perusahaan.

Langkah-langkah menyebabkan surat lamaran kerja :
1. Tempat dan tanggal penulisan surat.
2. Kepada Yth. nama orang beserta gelar dan jabatannya atau perusahaan yang dituju. Alamat lengkap perusahaan.
3. Salam hormat
4. Kata pengantar / pembukaan

Dalam kata pengantar atau pembuka di dalam surat lamaran kerja mesti Anda cantumkan di mana Anda mendapatkan Info berkenaan lowongan kerja yang dibuka terhadap perusahaan yang Anda tuju. Baik berasal dari surat kabar maupun internet, atau kawan Anda.

Lihat Juga : Contoh Surat Lamaran Kerja

Sebutkan posisi jabatan pekerjaan yang Anda memilih jikalau di dalam perusahaan berikut perlu banyak sekali karyawan baru.

5. Biodata pribadi
Tuliskan nama lengkap Anda, daerah dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor telpon atau nomor handphone, E-Mail, Pendidikan (tidak wajib)
Jika Anda menghendaki menulis latar belakang pendidikan Anda, tulis saja latar belakang pendidikan tertinggi Anda.

6. Pengalaman kerja dan kekuatan Anda
Jika di awalnya Anda pernah bekerja, tulisan pekerjaan Anda sebelumnya. Jika belum pernah bekerja (fresh-graduate) tidak usah. Tulis juga kekuatan Anda yang seandainya diperlukan di dalam perusahaan tersebut.

7. Penutup
Dalam penutup ini tulislah untuk pembaca Anda bahwa Anda membawa permintaan kuat agar diterima di perusahaan tersebut. Jangan lupa mengucapkan Terima kasih.

8. Lampiran surat lamaran kerja
Agar perusahaan yang Anda tuju makin lama percaya untuk menerima Anda, lampirkan juga hal-hal yang bisa meningkatkan nilai Anda. Hal yang sebaiknya tersedia sebagai lampiran adalah :
• Pas foto (foto terbaru)
• foto-copy KTP
• Daftar riwayat hidup
• foto-copy ijazah terakhir
• foto-copy sertifikat kompetensi (kursus atau pelatihan yang pernah Anda ikuti)

9. Hormat saya, (Tanda tangan dan nama lengkap Anda)
Setelah Anda mengetahui cara menyebabkan surat lamaran pekerjaan, Anda bisa melihat contoh-contoh surat lamaran pekerjaan di bawah ini.