Cara Menanam dan Merawat Bunga Matahari

Posted on

Bunga matahari merupakan keliru satu tanaman hias yang lumayan banyak penggemarnya. Bunga ini sesungguhnya terlampau unik, di mana berasal dari ukurannya yang besar dan bentuknya menyerupai matahari sesungguhnya jadi keliru satu daya tarik tersendiri. Tidak cuma itu warnanya yang kuning terlampau cerah juga dapat jadi penyemangat jika melihatnya. Sehingga tidak heran jika banyak yang menanamnya di halaman ruangan ataupun ditanam di dalam pot. Bunga matahari ini dapat hidup di dataran rendah ataupun tinggi yang mendapat sinar matahari yang cukup.

Bunga matahari sudah dibudidayakan dalam skala yang besar. Mengingat tipe tanaman ini punyai faedah yang tidak sedikit. Dimana tidak cuman sebagai tanaman hias, bunga ini mempunyai fungsi yang baik dalam memelihara kesehatan. Dimana nyaris semua bagian tumbuhan dapat dimanfaatkan dalam bidang kesehatan. Pasalnya tanaman hias ini berkhasiat dalam turunkan beberapa penyakit, layaknya darah tinggi, kanker, melancarkan saluran kemih dan rasa sakit/ nyeri. Pada bagian bijinya, dapat diolah jadi camilan kwaci yang banyak disukai. Selain rasanya yang gurih, bijinya punyai persentase nutrisi yang berfungsi bagi kebugaran yakni vitamin E dan juga C yang berfungsi sebagai antioksidan ganda. Nah bagi kamu yang tertarik untuk menanam bunga matahari silakan lihat ulasan perihal tersebut ini.

Budidaya Bunga Matahari
Dalam membudidayakan bunga matahari baik sebagai tanaman hias atau diambil alih bijinya, tentu wajib mencermati benih yang bakal jadi cikal bakal. Dimana dengan menentukan benih yang baik dan tepat tentunya bakal membuahkan tanaman, bunga atau biji yang cocok layaknya yang diharapkan. Sebagai informasi tambahan dalam ulasan langkah menanam dan memelihara bunga matahari, wajib kamu ketahui beberapa tipe benih bunga matahari. Dimana yang pertama adalah Mammoth Grey, dengan memakai benih ini nantinya tinggi tanaman hias ini dapat mencapai lebih berasal dari 2 meter. Benih Mammoth Grey ini punyai ciri warna yang putih dengan garis-garis coklat kehitaman dengan ukuran biji yang lumayan besar. Jenis benih sesudah itu adalah velvet Queen. Ketinggian tumbuhan bunga nantinya dapat mencapai 1 meter. Dimana warna bunganya dapat kuning kemerahan. Ciri benihnya berbentuk ramping dan lebih pendek dibandingkan mammoth grey.

Baca Juga : Beli Bunga Di Daerah Pancoran

Cara Menanam Bunga Matahari
Yang wajib diperhatikan dalam langkah menanam bunga matahari adalah penentuan lahan. Baik dataran rendah maupun tinggi dapat jadi wilayah yang cocok untuk penanaman. Pasalnya kamu wajib menentukan tanah yang subur, ditambah dengan mendapat pencahayaan matahari yang cukup. Namun jika bakal dijadikan sebagai bisnis budidaya bunga matahari dalam skala besar direkomendasi untuk menentukan lahan yang punyai kelembaban hawa yang lumayan tinggi yakni di wilayah pegunungan ataupun dataran tinggi, agar bakal mendapat hasil yang optimal.

Langkah sesudah itu adalah pembibitan tanaman bunga matahari. Setelah menentukan benih yang bakal ditanam, lakukanlah penyemaian benih. Lokasi penyemaian dapat memakai lahan persemaian ataupun pot sebelum akan dipindah ke lahan yang sebenarnya. Semai benih pada lahan persemaian dengan jarak sekurang-kurangnya 1 cm. Lakukan penyiraman dengan rutin sampai tumbuh kecambah dengan ketinggian kurang lebih 15 sampai 20 cm atau sudah berkecambah sepanjang 10 hari. Setelah bagian tersebut bibit tanaman bunga matahari dapat dipindahkan ke lahan pembesaran. Namun seminggu sebelum akan lakukan pemindahan, sebaiknya lahan yang bakal digunakan sudah disiapkan, dengan langkah penggemburan, pemberian pupuk, dan penyiraman. Pada proses penanaman benih tanaman, lebih-lebih dahulu menyiapkan lubang tanam dengan jarak 1 m x 1 m. Masukkan benih ke dalam lubang dan timbun bagian akarnya dengan tanah secukupnya. Minimal satu hari sekali tanaman wajib disiram, dan pemberian pupuk secara rutin pada pas berkala.

Cara Merawat Bunga Matahari
Cara memelihara bunga matahari yang wajib diperhatikan dalam pembesaran tanaman adalah proses penyiraman. Dimana pas yang tepat untuk menyiram tanaman adalah pada pas pagi dan sore. Dimana yang wajib diperhatikan adalah kuantitas air yang wajib sesuai dengan ukuran tanaman. Disisi lain, untuk menunjang perkembangan bunga wajib ditunaikan pemupukan. Namun perihal tersebut ditunaikan pada pas umur tanaman sudah mencapai satu bulan. Dimana tipe pupuk juga wajib sesuai dengan umur bunga matahari. Pada umur satu bulan pemupukan dapat ditunaikan dengan pupuk NPK, dan pada umur nyaris 2 bulan mulai memakai pupuk TSP. Takaran pemberian pupuk adalah sebanyak 5 gram pupuk per tanaman.

Tentunya tanaman hias ini tidak dapat dihindarkan pada hama ataupun jamur/ ataupun penyakit yang dapat menghindar pertumbuhannya. Untuk itulah menghindar atau membasminya dapat memakai pestisida spesifik tanaman bunga matahari. Cara merawatnya mencermati batangnya disaat cuaca sedang berangin. Hal tersebut diinginkan agar batang tidak patah sebab angin yang terlampau kencang. Untuk mengantisipasi perihal tersebut, tancapkan kayu yang lumayan kuat disamping bunga yang dapat diikatkan keduanya.

Selain beberapa tips perawatan tanaman bunga matahari diatas, yang wajib diperhatikan adalah pas penanaman. Mengingat tanaman ini bakal dimanfaatkan bijinya, maka menghindari penanaman pas musim hujan ataupun musim salju. Pasalnya bunga matahari bakal hidup pada musim panas ataupun musim pas udaranya hangat. Disisi lain disaat sudah mekar tapi terkena air hujan bakal menyebabkan biji jadi membusuk dan tidak dapat dipanen.