Cara Memilih Karpet Masjid Yang Baik Untuk Meningkatkan Ibadah

Posted on

Berbicara tentang masjid Depok maka tidak akan terlepas dari masjid kuba emas. Masjid dengan gaya arsitektur Timur Tengah ini terdiri dari 5 buah kuba berlapis emas yang mencirikan rukun Islam dan 6 menara yang menandakan jumlah rukun iman. Selain desain eksterior yang menawan, masjid di Depok juga terkenal dengan interior yang nyaman dengan balutan karpet-karpet mewah yang menambah khusuk ibadah.

Beberapa karpet mewah ini bisa didapat dari agen jual karpet masjid bekasi. Selain sebagai alas sholat, karpet masjid juga diperuntukkan untuk menambah kenyamanan dan keindahan ruangan masjid. Namun, sebelum menentukan jenis karpet yang cocok maka perlu untuk mengetahui beberapa hal berikut agar tidak salah pilih. Jenis karpet yang baik seharusnya bisa meningkatkan kenyamanan, tidak berbau, awet, dan mudah dibersihkan.

Cara Memilih Karpet Masjid Terbaik Berdasarkan Jenis

  1. Jenis bahan

Wol dan akrilik merupakan jenis bahan yang banyak dipilih untuk karpet masjid karena sifatnya yang ringan dan tidak berbau. Selain itu, karpet ini juga dikerjakan dengan cara manual sehingga kualitasnya lebih baik dan cenderung agak mahal. Jenis bahan karpet yang lain yaitu nylon. Memiliki serat yang halus dan tidak panas sehingga sangat nyaman untuk dipakai dalam ruangan masjid yang besar.

  1. Ketebalan karpet

Karpet masjid yang tebal akan terasa empuk dan nyaman ketika dipakai, namun terkadang cenderung agak panas seperti karpet yasmin dan nabil. Meskipun begitu kedua jenis karpet tersebut tidak memiliki border sehingga lebarnya bisa diatur sesuai keinginan dan terlihat lebih eksklusif. Jenis karpet lainnya yakni karpet turki dengan bahan yang sangat tebal dan berkilau, serta karpet nylon yang memiliki ketebalan bervarasi.

  1. Kerapatan bulu dan serat karpet

Kerapatan bulu akan menentukan tingkat kehalusan karpet. Untuk itu lebih baik memilih karpet yang agak tebal karena serat-serat kainnya lebih padat dan nyaman ketika dipakai. Namun teliti juga apakah seratnya mudah rontok atau tidak. Selain itu penting untuk mengetahui apakah jenis bahannya mudah dibersihkan, karena beberapa serat kain yang tebal lebih banyak menarik debu dan kotoran sehingga sulit untuk pembersihannya.

  1. Ukuran karpet

Kebanyakan karpet cenderung memiliki lebar dan panjang shaft yang telah ditentukan dari pabrik. Padahal ukuran tubuh manusia berbeda-beda, ada yang lebih kecil atau lebih besar dari border yang ditentukan. Akibatnya ketika melakukan sholat berjamaah, maka orang yang di belakang bisa menyundul depannya, atau posisi shaft kurang merapat. Maka dari itu penting untuk memilih karpet yang ukurannya bisa disesuaikan dengan permintaan.

  1. Jenis motif

Sebenarnya motif karpet masjid yakni sesuai dengan selera masing-masing pengurus. Namun alangkah baiknya jika motif yang dipilih bisa disesuaikan dengan interior masjid agar tidak kontras atau malah tenggelam. Beberapa jenis karpet umumnya memiliki motif bergambar pilar dan masjid, namun ada juga yang polos dan bintik-bintik atau polkadot. Untuk teknik pengerjaannya ada yang disulam dan ada pula yang dicetak atau printing.