7 Wisata Kuliner di Surabaya yang Wajib Disambangi

Posted on

 

 

Dunia kuliner di Pulau Jawa memang tidak akan pernah habis untuk dikupas. Bahkan saat ini semakin banyak jajanan kreatif yang selalu muncul setiap harinya. Jajan kreatif tersebut memiliki keunikan tersendiri di setiap daerahnya, dan salah satu daerah yang mengalami hal tersebut adalah Surabaya.

 

Menjadi salah satu kota terbesar di Indonesia, Surabaya juga memiliki dunia kuliner yang amat banyak. Di sini Anda akan merasakan dinamika perkembangan dunia kuliner yang tentu akan menjadi pengalaman terbaik Anda ketika sedang berplesiran di Kota Pahlawan ini. Sudah sebuah “kewajiban” ketika Anda tengah berlibur dengan mengunjungi beberapa titik kuliner terbaik di kota tersebut. Etalase gastronomi tentu akan menghibur mata serta lidah Anda selama Anda berkeliling di kota Surabaya ini.

 

Dalam artikel ini, Anda akan disajikan beragam informasi mengenai titik atau spot kuliner terbaik di Surabaya yang wajib Anda sambangi, berikut tujuh destinasi wisata kuliner yang patut Anda cicipi selama berada di Surabaya:

 

Ayam Bakar Primarasa

Buat Anda yang tengah mencari ayam bakar enak di Surabaya, Ayam Bakar Primarasa yang sudah ada sejak tahun 90-an ini bisa jadi salah satu tujuannya. Pasalnya, ayam bakar satu ini sangat terkenal akan kegurihannya. Memakai racikan bumbu spesial, tidak heran bila ayamnya terasa sangat gurih dan meresap hingga ke tulang-tulangnya.

 

Kota Pahlawan ini memang kerap memberikan sejuta kejutan akan kulinernya yang tidak mungkin dapat Anda tolak begitu saja. Keunikan menjadi ciri khas dalam kamus kuliner Surabaya, dan karena ciri khas tersebut lidah Anda dengan mudahya dapat tergoda.

 

Nasi Goreng Mafia

Sukses di Bandung, Nasi Goreng Mafia membuka cabang di Surabaya. Ini cabang ke-32. Di Jawa Timur hanya ada dua, di Madiun dan Surabaya. Pada umumnya, nasi goreng dimasak dengan bumbu yang relatif sama. Topingnya diantaranya kambing, ayam dan telur. Berbeda dengan Nasi Goreng Mafia, Kharisma Akbar sebagai Direktur Divisi Kemitraan menjelaskan, salah satu bahan utama Nasi Goreng Mafia adalah bumbu rempah–rempah sehingga nasi goreng terasa gurih dan enak.

 

Soto Ambengan Pak Sadi

Walaupun ada sejuta penjual soto ayam di Surabaya, kalau Anda belum mampir ke kedai soto Pak Sadi, nampaknya Anda belum sah untuk berkuliner di Surabaya. Soto yang dapat Anda modifikasi mulai dari isian daging hingga jeroan sapi ini dapat Anda nikmati dengan kocek sekitar Rp 50.000.

 

Warung Kepiting Cak Gundul

Makan kepiting bersama keluarga sangatlah menyenangkan. Jangan lupa juga mencoba sajian kepiting yang paling enak dan legendaris di Surabaya ini. Dari tahun 1992, tempat makan ini tidak pernah sepi pelanggan dan tidak pernah berubah dalam menyajikan cita rasa kepiting. Anda wajib coba Kepiting Bumbu Kare dan Kepiting Asam Manis.

 

Soto Lamongan Cak Har

Soto memang menjadi kuliner Indonesia yang memiliki keragaman yang kaya, salah satunya adalah sajian yang diberikan oleh Soto Ayam Lamongan Cak Har. Soto Ayam Lamongan “Cak Har” berlokasi di daerah Merr, tidak jauh dari kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Untuk  dapat menikmati semangkuk soto di sini, Anda hany perlu merogoh kocek sekitar Rp 50.000 dan dapat memesan krokotan ayam secara gratis.

 

Rujak Cingur Akhmad Jais

Semua juga sudah tahu, bahwa makanan ini yang menjadi identifikasi kuliner Surabaya sejak lama. Sajian satu ini sudah pasti tidak boleh Anda lewatkan saat bertandang ke Surabaya, dan Anda harus segera meluncur ke Rjak Cingur Ahmad Jais yang sudah terkenal sejak tahun 70an. Membayangkan menyantap hidung sapi dengan lumuran bumbu kacang dan petis sudah pasti membuat perut Anda keroncongan.

 

Nasi Uduk Monalisa

Nasi Uduk Monalisa yang berlokasi di Jalan Mayjen Sungkono ini merupakan salah satu jajanan wajib di Surabaya. Yang membuat rasa nasi uduknya semakin “nendang”, nasi uduk ini disajikan dengan sambal pedas dan juga sambal kacang, juga aneka lauk seperti ayam goreng sampai paru. Anda hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp 40.000 untuk mendapatkan sepiring nasi serta bebek dan segelas es jeruk.