5 Buku Terbaik dalam Bidang Personal Development

Posted on

Buku Manajemen – Kini kian banyak buku-buku yang bertema personal development (self help, self-motivation atau sejenisnya) yang diterbitkan. Cobalah singgah ke Gramedia, dan segera Anda bakal disergap puluhan buku tentang “how-to” yang banyak diantaranya menghias rak paling depan. Anda bisa saja jadi bingung dengan puluhan judul buku yang berlomba-lomba merebut perhatian Anda melalui aneka judul yang menarik dan bombastis.

Jangan khawatir. Dibawah ini bakal dipaparkan lima buku tentang personal development yang lebih kurang layak dipilih sebagai 5 Best Personal Development Books of All Times. Pilihan ini bisa saja berwujud subyektif, tetapi seperti pemilihan lima buku terbaik bidang manajemen (yang sanggup Anda baca disini) terkandung dua persyaratan yang dijadikan dasar. Yang pertama, buku itu wajib memberikan sumbangan yang penting bagi praktek manajemen pengembangan diri (self-development). Dan kedua, gagasan yang digagas didalam buku itu senantiasa relevan sampai hari ini, dan kiranya senantiasa bakal relevan sampai masa-masa jauh di depan.

Oke, tanpa wajib berpanjang-panjang, inilah daftar 5 Buku Terbaik Sepanjang Masa didalam bidang Personal Development.

1. How to Win Friends & Influence People. By : Dale Carnegie
Buku ini pertama kali diterbitkan terhadap th. 1936 tetapi gagasan brilian yang terangkum didalam buku rasanya bakal senantiasa relevan selama peristiwa peradaban manusia. Tema pokok yang idamkan disampaikan didalam buku ini sebetulnya simpel, tetapi berwujud fundamental : bagaimana cara praktis membangun relasi yang positif dengan orang lain.

Disajikan secara praktis dan penuh dengan ilustrasi yang inspiratif, buku ini amat memberikan kontribusi yang penting bagi sistem pengembangan relasi antar-manusia. Baca buku ini, dan believe me, cara Anda terkait dengan orang lain (dengan pasangan hidup, anak, famili, atau rekan kerja) bakal berubah untuk selamanya.

2. The Power of Positive Thinking. By : Norman Vincent Peale
Norman Vincent Peale, penulis buku ini, rasanya layak ditasbihkan sebagai dewa satu diantara guru stimulus yang kini bertebaran dimana-mana, menjadi dari Anthony Robbins, Napoleon Hill, Brian Tracy, sampai Tung Desem Waringin.

Dan buku ini amat membuktikan kepiawaian Norman sebagai dewa stimulus yang jenius. Melalui sajian yang jernih, buku ini mengajak Anda untuk menatap era depan dengan penuh optimisme, dengan spirit yang terus menyala, dan dengan sebuah keyakinan bahwa keberhasilan sejati adalah sebuah keniscayaan. Sebab, merujuk moto inspiratif Norman: You Can If You Think You Can !!

3. Flow: The Psychology of Optimal Experience. By Mihaly Csikszentmihalyi
Ketika pertama kali diterbitkan terhadap th. 1991 silam, buku ini segera menggegerkan kalangan pemerhati human performance. Berbeda dengan kebanyakan buku self-help yang cenderung berwujud praktikal, buku ini sebetulnya hasil riset akademis yang panjang dari penulisnya untuk jelas aspek kunci yang paling berperan bagi optimalnya sebuah kinerja.

Kesimpulan dari riset itu adalah ini : hasil terbaik cuma bakal sanggup diraih dikala seseorang mengalami flow atau hanyut dan meleburkan diri secara keseluruhan dengan apa yang sedang ia kerjakan. Dinarasikan dengan memikat dan ditopang dengan data yang komprehensif, buku ini tampaknya merupakan tidak benar satu buku personal development terbaik yang dulu ditulis didalam abad 20.

4. The 7 Habits of Highly Effective People. By : Stephen R. Covey
Ditengah ribuan buku personal development yang terus membanjiri pasar, buku ini rasanya senantiasa yang paling menarik – stands out among the crowd. Dan buku personal development ini bisa saja terhitung paling banyak dikenal orang. Buku ini terhadap dasarnya coba mengagas tujuh elemen kunci untuk jadi teristimewa yang efektif, yakni : Be Proactive, Begin with the End in Mind, Put First Things First , Think Win/Win, Seek First to Understand Then to be Understood, Synergise dan Sharpen the Saw.

Kekuatan buku ini bisa saja khususnya terletak terhadap bagaimana ketuju elemen diatas dielaborasi secara tajam dan disertai dengan eksplanasi yang sistematis dan elegan. Lewat buku ini, Stephen Covey tak pelak sudah sanggup mentasbihkan dirinya jadi tidak benar satu ikon paling utama didalam peristiwa manajemen modern.

5. The Book of Virtues : A Treasury of Great Moral Stories (by Willian J. Bennet)
Sebuah buku yang amat luar biasa. Berisikan serangkaian narasi tentang kisah-kisah yang sarat dengan kebajikan dan nilai-nilai moralitas. Sebuah buku yang memberikan wawasan yang amat mencerahkan tentang sistem penumbuhan teristimewa yang berkarakter luhur dan dinaungi spirit integritas yang mulia.

Buku ini dihidangkan melalui beraneka kisah dan ilustrasi; serta dihamparkan melalui serangkaian eksplorasi ilmu yang penuh energi pukau. Tak pelak buku tentang kebajikan ini dengan amat gemilang sudah mencukupi dua tugas pokok sebuah buku : sedap dibaca dan sanggup memberikan pencerahan yang amat mendalam.

Demikianlah, lima buku personal development yang layak dinobatkan sebagai best of all times. Deretan lima buku yang bisa saja sudah memberikan begitu banyak pengaruh bagi arah hidup jutaan umat manusia di segenap penjuru jagat. Kita cuma sanggup berdoa semoga kelima penulis buku inspiratif ini senantiasa dilimpahi keberkahan oleh Sang Maha Pencipta.